BAPAK DARMAN AKBAR MENINGGAL DUNIA

Bapak Darman Akbar menerima kenang-kenangan dari murid-muridnya di PGAN 6 Tahun Padang
Kenang-kenangan tersebut diserahkan salah seorang Alumni PGAN 6 Tahun Padang,
Bapak Patrialis Akbar pada Acara Halal bihalal Alumni PGAN Padang Tahun 2015
Bapak Darman Akbar, 74 tahun, mantan guru Olah Raga PGAN 6 Tahun Padang telah meninggal dunia jam 14.00, Selasa tanggal 05/04/2016 di rumah Jl. Pisangan III No. 36 RT 008 / RW 007 Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Berita tersebut dikirim bapak H. Muchlis Sikumbang dari Gunung Sitoli kepada saya.
Bapak Darman Akbar adalah putra Minang asal Malalo, Sumatera Barat. Beliau lahir 11 Nopember 1941 di Malalo. Dalam usia 6 tahun beliau merantau ke Gunung Sitoli Nias dan menetap di sana cukup lama, sehingga beliau lancar berbahasa Nias. Pak Darman Akbar punya teman bernama Amos Larosa (putra Nias) masih sering datang ke rumah pak Darman Akbar di Jakarta.
Ringkas kisah, pak Darman Akbar dari Pulau Nias kembali ke Ranah Minang. Beliau mendapat kesempatan menjadi PNS dan bertugas sebagai guru olah raga di PGAN 6 Tahun Padang. Puncak prestasi beliau sebagai guru, kalau tidak salah sekitar tahun 1969 – 1970 di mana Tim Voli PGAN 6 Tahun Padang menjadi Juara Tingkat SLTA se-Kodya Padang. Di antara bintangnya dan jadi anak kesayangan pak Darman adalah Syafruddin Nurdin, sekarang sudah Profesor.
Tahun 1972 beliau mutasi ke Jakarta, bertugas di PDK. Murid-murid pak Darman Akbar yang di PGAN 6 Tahun Padang kehilangan guru favorit ini. Selama aktif dinas di Jakarta, beliau sempat menjadi pelatih Hockey. Juga sempat menjadi salah seorang guru dari Tommy Soeharto di salah satu sekolah swasta di Jakarta.
Saya adalah orang Nias yang lahir di Padang. Saya menikmati keistimewaan, saya diterima di komunitas Padang (BAKO IKK Padang), atau khususnya Ikatan Keluarga Teluk Bayur dan Sekitarnya di Jakarta Raya (IKTS JAYA) dan juga diterima komunitas Nias. Suatu ketika saya diajak oleh pak Ali Yusri Ibrahim untuk ikut kegiatan pertemuan Muslim Nias di Jakarta. Dari sini saya mulai menemukan jejak pak Darman Akbar. Saya membaca ada nama bapak Darman Akbar Dalam Daftar Anggota Muslim Nias di Jakarta tersebut.
Tahun 2011 saya diantar pak Ali Yusri Ibarhim ke rumah bapak Darman Akbar di Jalan Pisangan Lama III, Kecamatan Pulo Gadung – Jakarta Timur. Suasana pertemuan sangat mengharukan. Maklum baru ketemu setelah 40 tahun berpisah. Tahun-tahun berikutnya kami tetap berkomunikasi.
Pada acara Halal bihalal Alumni PGAN 6 Tahun Padang, tanggal 23 Agustus 2014 di rumah Jasman Anwar (A 74) Kencana Loka Blok A-8 Nomor 1 Kencana Loka BSD Serpong, pak Darman Akbar diundang, beliau hadir. Kemudian pada acara Halal bihalal Alumni PGAN tahun berikutnya, yang dilaksanakan tanggal 09 Agustus 2015 di Pondok Lagunas Senayan Jakarta, pak Darman Akbar kembali diundang. Selain pak Darman, hadir guru PGAN Padang lainnya, yaitu bapak Dr. M Nazar Muhdi (Nazar Desfari) dan Ibu Yasni Habib. Pada Acara tersebut para murid memberikan kenang-kenangan kepada sang guru. Untuk pak Darman Akbar diserahkan oleh bapak Patrialis Akbar, Alumni PGAN 6 Tahun Padang, tamat tahun 1977 (A 77)
Agar jalinan shilaturrahim antar sesama Alumni PGAN 6 Tahun Padang terus berlanjut, maka dibuat Grup WhatsApp (WA) Alumni PGAN Padang. Sekitar dua minggu lalu, ada alumni PGAN 6 Tahun Padang, yang menanyakan keberadaan Pak Darman Akbar. Lalu teman lain memberi alamat dan No HP pak Darman. Syafruddin Nurdin (A 70) menelpon pak Darman. Dari sini diketahui kalau pak Darman sakit, dirawat di RS Islam Bekasi (?). Alhamdulillah, setelah beberapa hari dirawat, kakek dari enam cucu ini diperbolehkan pulang. Kemudian, alumni PGAN yang lain, Uni Mardiah (A 69) bezuk pak Darman di rumah Pisangan. Kata Uni Mardiah, kesehatan pak Darman membaik.
Mujur sepanjang hari, malang sekejap mata. Saya menerima pesan WA dari pak Haji Muchlis Sikumbang dari Nias, hari Selasa 05 April 2016, isinya : Pak Darman meninggal jam 2 (Maksudnya jam 14.00). Guru favorit yang baik hati, hari ini dipanggil Ilahi.
Semoga Allah berkenan menempatkan pak Darman Akbar di tempat yang mulia.
Serpong, 05 April 2016. M Yusuf Sisus (A 71)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH SINGKAT MASJID AL-FURQAN GUNUNG SITOLI NIAS

MENGENANG QARI INTERNASIONAL “HAJI MIRWAN BATUBARA”