MARI KITA TERUSKAN PEMBANGUNAN MASJID AL-FURQAN GUNUNG SITOLI NIAS.


Jakarta, 14 Juni 2011M / 12 Rajab 1432H.

Masjid Al-Furqan Gunung Sitoli Nias, merupakan sebuah masjid tertua dan terbesar di Nias, dibangun tahun 1950-an. Saat terjadi gempa di Nias yang berkuatan 8.3 SR pada tanggal 28 Maret 2005, masjid Al-Furqan roboh. Bantuan yang didapat secara spontanitas saat itu digunakan untuk mendirikan bangunan darurat Masjid Al-Furqan, bahannya dari triplek, papan dan seng (TPS).


Panitia Pembangunan terus menggalang dana, Alhamdulillah terkumpul uang mencapai Rp 300 juta. Namun Panitia belum berani membangun dengan uang sekian, sementara fisik Masjid mulai lapuk. Yayasan Peduli Muslim Nias (YPMN) yang berkedudukan di Jakarta turut menggalang dana untuk Masjid Al-Furqan, tetapi hasil tidak signifikan.

Jalan mulai terbuka saat Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Azhar berkenan bersinergi dengan YPMN dalam rangka menggalang dana untuk Masjid Al-Furqan Gunung Sitoli Nias. LAZ Al-Azhar bukan menyediakan dana, tetapi membantu menggalang dana.

Mulailah LAZ Al-Azhar memasang iklan di berbagai media massa dan billboard pada titik-titik strategis serta mengirim proposal kepada para donatur. Setelah koordinasi dengan LAZ Al-Azhar, YPMN menunjuk PT Moelia Graha Estetika yang dipimpin Bapak Masyuri Kurniawan sebagai Kontraktor Pelaksana dari Masjid Al-Furqan. Sambil jalan mencari dana, maka dilakukan Peletakan Batu Pertama pada Sabtu, 17 Sya’ban 1430 H bertepatan dengan 08 Agustus 2009 M, oleh bapak Drs H Afif Hamka dan bapak Binahati B. Baeha, SH, Bupati Nias.

Dana dikumpulkan, pembangunan Masjid dilaksanakan. Dana yang telah disalurkan ada dari empat sumber. LAZ Al-Azhar telah menyerahkan dana hampir Rp 500 juta.
Uang yang dikumpul Panitia Pembangunan Masjid sekitar Rp 300 juta lebih.
Dana yang dihimpun YPMN sekitar Rp 150 juta.
Bantuan BRR Rp 250 juta.
Seluruhnya sekitar Rp 1.2 miliar.
Saat pembangunan konstruksi dasar mencapai 75% atau 30% dari seluruh bangunan yang direncanakan, Panitia Pembangunan kehabisan dana. Maka pembangunan Masjid Al-Furqan Gunung Sitoli Nias terhenti sejak Juni 2010 sudah setahun hingga sekarang.

YPMN dengan segala keterbatasannya, mencoba mencari dana ke sana ke mari, tetapi hasilnya sangat minim. Pernah meminta bantuan kepada Pemda Nias, Pemda Sumatera Utara dan kepada Menteri Agama RI. Ada harapan untuk dapat bantuan, tetapi belum ada realisasinya. Sementara itu, LAZ Al-Azhar yang menjadi tumpuan harapan, mendapat amanah untuk menggalang dana membantu para korban dari berbagai musibah yang terjadi belakangan ini, seperti gempa di Tasikmalaya (02 September 2009), kebakaran di Penjaringan (27 September 2009), gempa di Padang (30 September 2009), tanah longsor Wasior, Papua Barat (04 Oktober 2010), gempa di Mentawai (25 Oktober 2010), Gunung Merapi meletus (26 Oktober 2010).

Setiap orang lewat melihat kondisi bangunan Masjid Al-Furqan yang terbengkalai, rumput yang mulai meninggi di halaman masjid, besi beton yajng mulai berkarat, adzan dan shalat yang sudah tiada, maka banyak orang yang bersedih. Apalagi dilaporkan bahwa lingkungan masjid yang ke arah pantai sudah mulai digunakan para remaja untuk pacaran. Ada yang bertanya-tanya, Indonesia dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, kok membiarkan saja Masjid di Nias ini? Apakah tidak mendapat informasi yang meluluhkan hati ini?. Sebenarnya dengan Gerakan Infaq Rp 10.000 per-orang, maka dengan 400.000 orang Islam yang berinfaq untuk Masjid Al-Furqan Nias, sudah bisa terkumpul ada Rp 4 miliar. Padahal yang diperlukan tidak sampai sebesar itu, hanya sekitar Rp 2 miliar lagi untuk menyelesaikan Masjid Al-Furqan Gunung Sitoli ini.

Melalui tulisan ini, ummat Islam di Nias sangat mendambahkan uluran tangan saudara-saudaranya sesama muslim yang ada di luar pulau Nias, menyalurkan sebagian rezki yang diberikan Allah SWT untuk menyelesaikan pembangunan Masjid Al-Furqan Gunung Sitoli Nias.

LAZ Al-Azhar telah menerbitkan Serifikat Wakaf untuk Pembangunan Masjid Al-Furqan Gunung Sitoli Nias senilai Rp 1.000.000 perlembar. Untuk infaq, silahkan ditransfer ke :

1. Bank Syariah Mandiri, Norek : 002 011 6565 A/n. YPI Al-Azhar.

Catatan : Tambahkan donasi anda dgn nominal Rp 88, contoh Rp 1.000.008,-

2. Bank Mandiri, Norek : 070 000 565 2958 A/n Yayasan Peduli Muslim Nias.

3. Langsung diserahkan ke Kenaziran (Pengurus) Masjid Al-Furqan Gunung Sitoli Nias di Gunung Sitoli.

Semoga bantuan, zakat, infaq, sedekah, wakaf yang diberikan untuk Masjid Al-Furqan Gunung Sitoli Nias mendapat balasan berlipat ganda dari Allah SWT. Amin!

M Yusuf Sisus, Ketua Yayasan Peduli Muslim Nias, HP 0811173960

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENANG QARI INTERNASIONAL “HAJI MIRWAN BATUBARA”

SEJARAH SINGKAT MASJID AL-FURQAN GUNUNG SITOLI NIAS